Jumat, 27 Februari 2015

Mahasiswa dan Ipk

Posted by Unknown on 19.52 with No comments
Indeks prestasi, biasa disingkat IP, adalah salah satu alat ukur prestasi di bidang akademik/pendidikan. Meskipun bernama "indeks", IP sebenarnya bukanlah indeks dalam pengertian sebenarnya, melainkan semacam rerata terboboti.
Penggunaan IP di Indonesia memiliki perbedaan untuk tingkat dasar-menengah dan tingkat pendidikan tinggi. Sistem ini menggantikan sistem rata-rata yang dipakai sampaiKurikulum 1875. Semenjak Kurikulum 1984 berlaku, IP dipakai untuk mengevaluasi capaian siswa atau mahasiswa.
IPK adalah mekanisme penilaian keseluruhan prestasi terhadap mahasiswa dalam sistim perkuliahan selama masa kuliah. IPK singkatan dari Index Prestasi Kumulatif. Merupakan nilai kumulatif dari IP (Index Prestasi). IP nilai prestasi mahasiswa per semester, sedangkan IPK merupakan nilai IP yang dikumulatifkan. Penilaian IPK memiliki skala dari 0 hingga 4. Dimana angka 0 merupakan penilaian terendah dan angka 4 merupakan penilaian prestasi tertinggi dengan mutu 0=E 1=D 2=C 3=B 4=A.

Mungkin Anda pernah timbul pertanyaan dalam benak, Bagaimana cara menghitung IPK? Mungkin sebagian kalangan mahasiswa sudah mengetahui, namun masih banyak juga yang belum mengetahui cara menghitung IPK. Penilaian IPK tergantung pada jumlah keseluruhan SKS yang ditempuh mahasiswa selama masa perkuliahan. Selain itu, bobot nilai juga ikut mempengaruhi.

0 komentar:

Posting Komentar